Sabtu, 03 Desember 2011

cara melatih , mengobati , memperbaiki , ikan cupang (3M)

hai nama saya ardhi .kali ini blok tutorialist memberi tahu informasi , tips , dan trik memelihara ikan cupang . yaitu 4M melatih , merawat , mengobati  , bahkan memperbaiki ok langsung saja ke topik utama .

pengenalan
    siapa yang tidak tahu ikan cupang semua orang tahu ikan hebat , bagus ,dan berani ini . jenis ikan cupang di dunia tergolong banyak . seperti halfmoon , plakat , serit , aduan (plakat) , dan banyak lagi kalo di sebutin satu satu bisa bisa satu layar lebih . ikan ini ikan yang hidup secara individual atau sendiri-sendiri karena ikan cupang memiliki mental petarung , bila dia bertemu cupang lain wah tu bisa bahaya , selain itu ikan cupang memiliki warna yang super keren (kalo menurut saya ) tapi saya yakin para penghobis cupang pasti memiliki pendapat yang sama , kekurangan ikan ini adalah kita tidak bisa menaruh 2 atau lebih ikan cupang pada satu wadah (tetapi menurut saya itulah kelebihan ikan cupang) .hanya itu pengenalan nya dan kita lanjut ke topik berikutnya. =D


cara memilih ikan cupang =D
    cara memilih ikan cupang kita tidak bisa sembarangan kalau kita memilih asal bisa saja cupang yang kita pilih itu kualitas nya kurang bagus (bukan jelek) karena tidak ada ikan cupang yang jelek menurut saya)
kita harus memilih dengan teliti .yang kita harus perhatikan adalah SSWM yaitu (sirip , sisik , warna , mental).
    1.sirip : di ikan cupang terdapat 4 sirip yaitu -sirip atas
                                                                      -sirip bawah
                                                                      -sirip belakang
                                                                      -sirip intuk berenang
                                                                      -sirip dasi (dibawah kepala)
        yang harus diperhatikan hanya 3 yaitu tulisan yang berwarna biru , nah tiga sirip itu haruslah saling menutup celah, contoh :                                       
                                      
                                          seperti pada gambar celah antara ekornya tidak ada karena tertutupi oleh sirip      jadi seperti itu pemilihan pada sirip.mengerti kan =D


   2.sisik : yang kedua ini cukup penting karena sisik ini yang menentukan seberapa tua si ikan ini menurut saya
               ini bermanfaat bagi penghobis cupang , karena kalian bisa tahu ingin membeli ikan setua apa . contoh : jika kalian ingin membeli ikan kontes atau sebagai hiasan kalian harus membeli ikan yang masih muda tapi jangan terlalu kecil cara nya dengan melihat seberapa besar sisik ikan tersebut smakin keci; sisiknya maka semakin muda pula ikan tersebut.
              jika kalian ingin membeli indukan atau peternak kalian harus memilih ikan yang sudah cukup umur karena biasanya ikan yang cukup umur memiliki pengalaman mengurus burayak (anakan cupang )jadi kalian harus melihat seberapa besar sisiknya semakin besar maka semakin tua ikan tersebut.
         nah jadi itulah meode pemilihan pada sisik.=D
    3.warna : sebenarnya masalah warna ini tidak ada pemilihan warna khusus jadi para penghobis bisa memilih warna sesuai kesukaan , tetapi ada poin untuk memilih warna indukan yang bagus dengan melihat apakah di badan ikan ter sebut ada belang cacat atau warna lain selain warna ikan sebagian besar nya =D
    4.mental : mental pasti para penghobis cupang sudah tau karena ikan cupang memiiki mental ptarung           mental ini cukup penting dalam kontes,berternak , maupun hiasan
     dalam kontes jika mental ikan cupang loyo /cemen walupun sirip warna dan badannya bagus pasti akan kalah karena jika mental ikan loyo pasti dia tidak mau ngedok /merong dan apalah dan pada saat proses  ngedok maka ikan cupang akan dapat melebar kan sirip nya maka akan terlihat keindahannya.
     dalam berternak jika ikan cupang jantan tidak memiliki mental yang bagus maka ikan cupang jantan tidak bisa memaksa sang betina kawin dengan nya jadi gak akan berhasil kalo mental nya loyo .

melatih =D
     melatih mental =D
    kita dapat melatih mental ikan cupang kita, pertama kita harus mengetahui apa yang menyebabkan mental nya loyo, biasanya mental ikan cupang akan loyo karena
beberapa faktor berikut : -kalah bertarung 
                                      -sudah lama tidak kena sinar matahari
                                      -terlalu lama kena sinar matahari 
                                      -lapar 
                                      -sakit 
     jika sudah mengetahui faktor nya kita harus melatih dia atau menyingkirkan faktor tersebut contoh sudah lama tidak kena matahari (kita harus meletakan wadah ikan ke tempat yang terkena sinar matahari sampai 15 menit lebih baik sinar matahari pagi atau sore karena jika siang siang terlalu panas ikan bisa mabok)
    faktor lapar kita harus memberi makan secara teratur klo cupang saya kasih makan 2 kali sehari udah cukup kenyang ,tetapi ada cupang yang makannya sampai 8 kali sehari , beuh ketawan rakus nih cupang
    jika faktor kalah bertarung ini faktor yang paling sering di temui , cara mengatasi faktor ini cukup memakan waktu karena perlu tahap dan bahan bahan
kita memerlukan bahan bahan sepeti : -wadah  yang bisa di himpitkan seperti botol akuarium kecil
                                                         -ikan cupang bermental bagus atau standard juga bisa yang penting
                                                           punya mental
                                                         -cermin
                                                         -pakan ikan cupang yang biasa di kasih kalo bisa pakan hidup
                                                         -sebatang lidi taukan sapu lidi untuk nyapu
                                                         -satu buah karet gelang berwarna hijau harus berwarna hijau
    dengan bahan bahan tersebut kita dapat melatih mental
               ikan cupang kita dengan cara : -ikat kan karet hijau ke ujung lidi
                                                              -lalu letakan ikan cupang yang bermental ke sebelah wadah ikan   
                                                               cupang kita
                                                              -lalu letakan cermin di sebelah ikan cupang yang memiliki mental
                                                              -pasti ikan cupang yang bermental akan ngedok ke cermin atau
                                                               mungkin ke cupang kita
                                                              -lalu sediakan pakan ikan cupangnya kalau bisa pakan hdp sprti cuk
                                                              -lalu kalian celupkan lidi yang sudah d pasang karet hijau ke wadah
                                                               ikan bermental dan senggolkan karetnya ke badan cupang pasti
                                                               cupang tercebut akan ngedokin si karet dan jika sang cupang
                                                               mematok karet nya kalian berikan bonus makanan 1 cuk . kalian
                                                               lakukan ini supaya ikan cupang kita iri kepada ikan sebelahnya
                                                               maka dia akan mencari tau apa yang membuat tetangganya
                                                               diberikan pakan bonus .

                ini dilakukan setiap hari pada saat sebelum makan (kalian sesekali harus mencob mental ikan yang dilatih agar mengetahui apakah sudah bermental atau belum )biasanya cara ini butuh waktu bahkan bisa bisa sampai 1 bulan .
    jika faktor sakit pasti agak susah mengobatinya kalian harus memberikan obat tertentu  ciri ciri cupang sakit adalah lemas selalu diam di permukaan air warnanya pucat tumbuh kotoran kotoran seperti sarang laba laba si siripnya. jadi kalian harus mencari tahu bagaimana cara mengobatinya sendiri


    merawat =D

    cara merawat ikan cupang tergolong mudah karena dia bisa hidup di wadah yang sulit contoh , airnya sedikit ,kotor ,gelap . jika memelihara ikan cupang kita hanya perlu megatur kebersihan air, dan pakan , ikan cupang makan 2kali sehari bisa lebih bisa kurang itu tergantung si ikan sendiri , mudah lapar atau cepat lapar.
merawat kebersihan air ini juga penting untuk kesehatan ikan . air diganti setiap 3 hari sekali dan setiap 1 minggu kalian harus membersihkan secara total yaitu membersihkan wadahnya disikat 
  merawat dengan pakan kalian harus memberi pakan kepada ikan kalian pakan yang bermanfaat bagi tubuhnya seperti
      cuk ini bagus karena memiliki protein yang tinggi ini di butuh kan ikan cupang untuk keindahan nya ,
      pelet khusus cupang kalian bisa memberi pelet ini dan kalian tidak perlu memikirkan kandungan gizi nya karena dalam pelet sudah dimasukan vitamin vitamin yang di butuhkan ikan cupang. tetapi kelemahan pakan ini adalah cepat membuat air kotor .
      kutu air pakan ini memiliki semua gizi yang dibutuhkan ikan cupang dan gampang dibersihkan .akan tetapi pakan ini sangat sulit di cari bahkan di kembang biakan .
      cacing beku atau kering dapat di berikan ,gizi mencukupi ,dapat di beli tetapi pakan ini tidak baik bagi aktivitas cupang karena dapat membuat perut ikan gendut kaya mau meledak ,dan kegendutan ini dapat membuat ikan malas dan tidak mau ngedok.(pakan ini tidak di rekomendasikan )
jadi terserah kalian mau pakai pakan yang mana .

       cara merawat burayak (anak cupang)
        merawat burayak cukup sulit karena faktor yang menyabab kan ia mati 
terjadi sangat sering yaitu: -air kotor
                                         -kelaparan
                                         -di makan oleh induknya sendiri
cara mengatasi hal berikut dengan cara:-air kotor =kita tidak boleh memberi pakan yang membuat air
                                                                             menjadi kotor .karena kita tidak bisa mengganti air selama
                                                                             burayak masih kecil jdi kalian hrus menjaga kebersihan air
                                                          -kelaparan =ini di karena kan tidak ada pakan yang dapat ia telan
                                                                              pada saat umur 1-3 hari burayak tidak perlu di beri
                                                                              makan karena masih memiliki kuning telur ,umur 3-30
                                                                              hari , burayak di beri makan kutu air (bagusnya)
                                                                              berhubung kutu air susah didapat jadi kalian dapat
                                                                              memberi kuning telur rebus yang di peras menggunakan
                                                                              kain itu sudah cukup tapi telur dapat mengotori air jadi
                                                                              kalian harus hati hati memberikannya harus sedikit2
                                      -di makan oleh induknya =faktor ini di karena kan sang induk kelaparan jadi kalian
                                                                              harus memberi makan secara teratur kadang kadang
                                                                              itu pun belum cukup karena sang induk sangat cepat lapar
                                                                              itu di karenakan ia harus menjaga anak anak nya agar
                                                                              tetap di permukaan air sampai anaknya bisa berenang
                                                                              selain memberi makan teratur kalian harus menjaga suara
                                                                              ,getaran ,angin karena ini bisa membuat wadah
                                                                              bergerak sehingga anak 2 ikan terjatoh dari permukaan
                                                                              maka sang induk harus segera mengambilnya karena itu
                                                                              lah ia jadi cape dan cepet laper.


mengobati =D
     ikan cupang memiliki banyak penyakit karena itulah kalian harus mengetahui apa penyakit cupang kamu setiap penyakit memiliki cara pengobatan nya sendiri jadi kalian harus tahu apa penyakitnya .
badan terluka dan ber jamur kalian harus memberi obat anti septik kusus ikan .kalau kaga mau modal ya kalian tuangkan garam aja ke airnya dengan kira kira =D 
jika ikan kalian sakit kalian jangan putus asa merawatnya =D
maaf mungkin saya hanya tahu sedikit tentang info penyakit ini jadi sya tidak bisa tulis banyak . maaf banget

12 komentar:

  1. like,,mksih bgt info ny kak,..

    BalasHapus
  2. Cara mengetahui umur cupang gimana ya?,terus kalo cupang laki nya udh bikin busa kita masukin ikan betina nya,ikan betinanya malah mati di gigit ama cupang laki nya? Gimana cara nya tuh ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan langsung dimasukin begoo di taruh di botol botolnya di masukin ke akuarium ikan jantan nunggu sampe deket banget kalo udah baru di satu in ,,

      Hapus
  3. ikan gua lemes terus gmn ya??
    apa karna kekenyangan atau karna faktor air?

    BalasHapus
  4. mas, saya punya halfmoon 2 yang kagetan . mentalnya kaya yang down banget mekar juga jarang-jarang ada solusi ga...?



    makasih sebelum nya

    BalasHapus
  5. bgaimana cara membuat ikan cupang tu shat dan brtubuh bsar,,,,,

    BalasHapus
  6. Mas mau tanyak dulu nih,cupang saya kan siripnya brodol,biar siripnya tumbuhnya cepet dikasih apa ya?

    BalasHapus